iPad Air vs iPad 4: Inilah Perbedaannya



Apple secara resmi telah meluncurkan tablet iPad Air yang merupakan penerus iPad 4 bersama iPad Mini 2 yang dilengkapi dengan layar Retina. Tablet iPad Air sendiri mengusung peningkatan spesifikasi yang cukup signifikan, lalu apa perbedaan spesifikasi iPad Air vs iPad 4? Simak ulasan berikut ini.
Desain & Spesifikasi Layar
Tablet iPad Air ini datang dengan perubahan desain yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan tablet iPad 4. Tablet iPad Air ini mengusung body dan bezel yang lebih tipis dari pendahulunya. iPad Air juga jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan iPad 4.
Spesifikasi layar iPad Air dan iPad 4 ini secara umum sama dan tak ada perubahan, yakni sama-sama mengusung layar berukuran 9,7 inci Retina Display dengan resolusi 2048 x 1536 piksel dengan kerapatan piksel 264 ppi (pixel per inch).
Spesifikasi Prosesor
iPad Air ditenagai oleh prosesor Apple A7 yang menggunakan nama sandi Cyclone. Prosesor Apple A7 mengusung arsitektur ARMv8 64-bit dual-core terbaru dengan kecepatan yang sama dengan Apple A6, yakni 1,3GHz.
Sektor grafis, Apple A7 menggunakan pengolah grafis generasi baru dari Imagination Technology yakni PowerVR G6430 quad-core yang telah mendukungstandar OpenGL 3.0, DirectX 10, dan OpenCL 1.x. iPad Air diperkirakan memiliki kinerja 2x lebih cepat dibandingkan iPad 4.
iPad 4 menggunakan prosesor Apple A6X yang merupakan paduan antara arsitektur prosesor Apple A6 yang dipadukan dengan kinerja grafis dari Apple A5X. Prosesor Apple A6X mengusung spesifikasi dual-core dengan kecepatan 1,2GHz yang ditandemkan dengan grafis quad-core dari PowerVR SGX543MP4.
Kamera dan Baterai
Baik iPad Air maupun iPad 4 ini dilengkapi dengan kamera belakang resolusi 5 megapiksel autofokus dengan aperture f/2.4 dan menawarkan kemampuan untuk merekam video HD. Kedua tablet ini mengusung kamera depan 1,2 megapiksel.
Baterai iPad Air maupun iPad 4 ini memang belum diketahui pasti berapa kapasitasnya. Namun, Apple menawarkan daya tahan baterai iPad Air yang sama dengan iPad 4, tetapi hadir dengan performa yang lebih cepat.
Kesimpulan
Sektor konektivitas dan harga, baik iPad Air maupun iPad 4 relatif setara. iPad Air membawa perubahan di sektor desain dan spesifikasi prosesor, tak heran tablet iPad Air ini lebih cepat performanya. iPad Air sendiri cukup pantas meneruskan kiprah iPad 4 di pasar tablet.

0 komentar:

Copyright © 2012 AryaFathoniNews.Com.