Bill Gates Diminta Resign dari Microsoft


Mundurnya Steve Ballmer ternyata berbuntut panjang. Sejumlah pemegang saham mendesak agar pendiri Microsoft, orang terkaya di muka bumi ini untuk ‘pergi’. Ya, Bill Gates diminta mundur dari perusahaan pembesut OS Windows itu.
Usut punya usut, menurut Reuters, tiga dari 20 investor meminta Bill Gates untuk angkat kaki. Mereka menganggap untuk membuat perubahan di Microsoft tak hanya sesederhana mengganti pengganti CEO yang hengkang.
Alasannya, Bill Gates dianggap menghalang-halangi strategi baru yang dimiliki CEO. Terkesan, menurut tiga investor yang dirahasiakan namanya itu, Bill Gates membatasi kekuasaan yang dimiliki oleh CEO. Lantas bagaimana dengan kinerja Steve Ballmer selama ini?
Masih menurut investor tersebut, dalam satu dasawarsa terakhir Steve Ballmer berada dalam bayang-bayang Bill Gates. Sedangkan Microsoft sendiri kini tengah membentuk sebuah komite khusus untuk mencari CEO baru. Kabarnya, Bill Gates masuk dalam salah satu kandidat.
Di Microsoft, Bill Gates miliki 4,5% saham. Ia merupakan pemegang saham terbesar secara individu. Sedangkan tiga investor yang mendesaknya mundur, secara kumulatif mengantongi sekitar 5% saham. Sebelum go public, Bill Gates bahkan sempat miliki 49% saham.
Bill Gates dan Microsoft tentu saja tak bisa dipisahkan. Meski tak lagi berkecimpung di Microsoft, nama Bill Gates tetap menjadi sebuah daya magis. Analis berpendapat alangkah lebih baiknya jika ia duduk sebagai CEO dibanding Chairman.


0 komentar:

Copyright © 2012 AryaFathoniNews.Com.